
loading...
Secretary Tourism Officer Johor, Mohd Azhari Bin Abu Bakar mengakui bahwa orang Malaysia suka berwisata dan berbelanja di Indonesia. "Karakternya orang Malaysia suka belanja atau shoping, dan luar biasanya Indonesia justru punya semuanya," ujar Azhari.
Matta Fair 2018 merupakan pameran terbesar di Malaysia dan selalu dilaksanakan secara berkelanjutan dari tahun ke tahun. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan industri-industri ternama dari Indonesia berpromosi di ajang tersebut dengan berbagai paket wisata dan penawaran yang menarik.
"Kondisi sekarang akses ke Indonesia juga sudah mulai mudah, kita bisa ke Jakara dulu, baru ke kota-kota lain. Kami juga bisa ke Batam terlebih dahulu baru ke kota-kota lain. Jadi, Indonesia kini banyak bandara yang menjadi penghubung. Itu mempermudah kami berwisata, dan memilih tujuan," sambung Azhari.
Pria yang kerap menggunakan peci dan baju khas Malaysia itu, menambahkan Indonesia selain punya banyak mal untuk wisata belanja, juga memiliki alam yang indah, wisata buatan yang berkelas dan budaya yang menarik.
Hal senada diungkapkan industri asal Malaysia, Beststar Travel. Industri kelas kakap asal negri Jiran itu bahkan setiap bulannya memboyong wisatawan asal Malaysia sebanyak 300 orang dengan dibagi menjadi lima rombongan.
"Saya sudah membawa mereka semua ke Bandung, Yogyakarta, Medan, Padang, Batam, Jakarta, Bogor, dan juga Bali. Sepulang dari Indonesia, wisatawan yang kami bawa senang sekali," kata Marketing Executive Beststar Travel, Zulkarnain Bin Ahmad.
Selain memang suka sekali dengan belanja, ada hal yang selalu menjadi daya tarik di Indonesia adalah alam Indonesia yang indah dan tidak dimiliki Malaysia. "Alam Indonesia membuat kami tenang. Kami enjoy dan hilang semua penat. Indonesia punya alam yang indah, sejuk bahkan masih sangat alami, tak bosan-bosan saya ke sana," kata Zulkarnain.
Beststar Travel bahkan sudah menjalin kerja sama dengan Malaysia Airlines, Air Asia, Lion Air dan juga Garuda Indonesia untuk paket-paket yang ditawarkan kepada wisatawan asal Malaysia.
Deputi Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana didampingi Asisten Deputi Pemasaran 1 Regional II, Sumarni mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang menilai positif Indonesia. Kata Pitana, Indonesia siap dengan wisatawan apapun termasuk wisata belanja.
"Silakan datang. Jangan khawatir, Jakarta punya segudang mal yang berkelas dan skala dunia juga, dengan barang-barang branded yang original. Jangan khawatir, Jakarta punya semua, Bandung juga punya ratusan mal, di daerah lain juga malnya sudah bagus," kata Pitana dalam keteranganya, Minggu (18/3/2018).
Sumarni menambahkan, jika nanti wisatawan ke Jakarta, belanja di ibukota tidak akan memalukan. Kata wanita berhijab itu, total mall yang ada di Indonesia lebih dari 300 dan berbagai brand-brand terkenal kelas atas sampai menengah dapat ditemui di tanah air.
"Selain itu, kualitas mal kita juga sangat baik, contohnya saja Gandaria City, Kota Kasablanka Jakarta, St. Moritz Mall. Mal yang terbesar di Indonesia itu semua ada di Jakarta, silakan kunjungi negara kami," ujar Sumarni.
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Warga Malaysia Suka Belanja, Indonesia Punya Semua"
Post a Comment