Search

BI Ungkap Empat Pokok Bahasan Pertemuan IMF-World Bank 2018

loading...

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mulai bersiap menjelang pertemuan tahunan IMF-World Bank di Nusa Dua, Bali pada 8 hingga 14 Oktober 2018 atau dimulai pekan depan. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman mengatakan, terdapat empat tema pokok bahasan dalam gelaran IMF-World Bank tersebut.

"Kita ada tema pokok yang ingin disampaikan ke masyarakat. Ada empat pokok agenda," ujarnya di Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Pertama, kata Agusman, yakni penguatan international monetary system yang diperlukan karena semakin meningkatnya ketidakpastian global. "Untuk koordinasi kebijakan antarnegara," katanya.

Kedua, lanjutnya, terkait digital economic dan finance yang membawa manfaat dan positif, sehingga menjadi perhatian ke dampak perekonomian, sistem pembayaran, operasi bank sentral dan kolaborasi. Sementara ketiga soal pembiayaan infrastruktur dengan pertimbangannya Indonesia masih negara berkembang yang perlu pembangunan infrastruktur.

Terakhir membahas ekonomi dan keuangan syariah yang punya peran signifikan sebagai bagian instrumen keuangan syariah sangat berpotensi. "Terutama untuk membiayai infrastruktur, negara Islam telah menyusun tentang sukuk, zakat, wakaf bisa dukung negara yang terlibat. Menyusun standar internasional untuk wakaf, dengan itu mendukung praktik di lapangan," pungkasnya.

(akr)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dong https://ekbis.sindonews.com/read/1343639/33/bi-ungkap-empat-pokok-bahasan-pertemuan-imf-world-bank-2018-1538650851

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BI Ungkap Empat Pokok Bahasan Pertemuan IMF-World Bank 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.