Search

Kemenkop dan BRI Berkolaborasi Ciptakan UMKM Kelas Dunia

loading...

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) bersama Bank BRI bersepakat menjalin kolaborasi program untuk menciptakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tangguh berdaya saing global atau kelas dunia.

"Bersama Kemenkop dan UKM, kita ingin UMKM kita memiliki daya saing yang baik untuk bisa berkelanjutan dalam pengembangan bisnisnya," ujar Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Handayani di Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Langkah pertama yang akan dilakukan adalah mengadakan workshop bersama. "Setelah itu, kita menentukan pilot project UMKM mana saja yang kita menjadi fokus kita. Mulai dari inkubasi, pola pembinaan, sampai mampu go ekspor," sambung Handayani.

Baca Juga:

Handayani menambahkan, dalam waktu dekat akan dibentuk satu tim khusus untuk bisa membuat modelnya. "Pemilihan UMKM akan dilakukan secara bersama-sama, karena BRI juga mempunyai UMKM yang sudah dibiayai dan diinkubasi," kata dia seraya menyebutkan, Kemenkop juga memiliki daftar UMKM binaannya.

Menurut Handayani, ada empat sektor UMKM yang bakal menjadi prioritas kerjasama ini. Yaitu kerajinan tangan, dekorasi rumah, fashion dan perhiasan, serta makanan. "Itu bidang prioritas yang akan kita identifikasi," ucap Handayani.

Setelah diidentifikasi, lanjut Handayani, kementerian dan lembaga lain juga akan dilibatkan. Karena banyak kementerian yang juga concern terhadap pengembangan UMKM.

"Kementerian Luar Negeri siap membantu, di samping perbankan dan BUMN. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga punya banyak data UMKM yang bergerak bidang kerajinan tangan. Semuanya akan kita sinergikan," tandas Handayani.

Handayani mengakui, pihaknya sudah bertemu dengan Duta Besar Perancis untuk Indonesia, agar bisa membawa produk fashion asal Indonesia masuk ke Paris. Nantinya, Bank BRI akan menyiapkan sisi pembiayaan, inkubasi, termasuk business matching. "Karena, kita memiliki mitra korporasi dan trading company, baik di domestik maupun internasional," pungkasnya.

(ven)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dong https://ekbis.sindonews.com/read/1534762/34/kemenkop-dan-bri-berkolaborasi-ciptakan-umkm-kelas-dunia-1582375137

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemenkop dan BRI Berkolaborasi Ciptakan UMKM Kelas Dunia"

Post a Comment

Powered by Blogger.