Search

Rupiah Berakhir Melesat, USD Terkapar ke Level Terendah

JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ini ditutup semakin melesat naik untuk menyentuh kisaran level Rp13.386/USD. Membaiknya mata uang Garuda terjadi saat USD terkapar ke posisi terendah.

Data Yahoo Finance menunjukkan rupiah di sesi perdagangan sore berada pada posisi Rp13.387/USD atau meningkat jauh dibanding penutupan sebelumnya di level Rp13.430/USD. Rupiah sepanjang hari ini bergerak pada level Rp13.373-Rp13.430/USD.

Posisi rupiah menurut data Bloomberg di akhir perdagangan bertengger ke level Rp13.386/USD atau menguat dari penutupan kemarin di posisi Rp13.434/USD. Pergerakan harian rupiah berada di kisaran Rp13.366-Rp13.428/USD.

Sementara, data SINDOnews bersumber dari Limas, rupiah sore ini berada di level Rp13.388/USD atau berdiri kokoh pada zona hijau dibanding akhir perdagangan sebelumnya di level Rp13.420/USD.
 
Posisi rupiah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, hari ini tertahan pada level Rp13.413/USD. Posisi ini memperlihatkan rupiah tidak lebih baik dibandingkan posisi penutupan kemarin Rp13.398/USD.

Seperti dilansir Reuters hari ini, USD mencetak kerugian bulanan terbesar dalam hampir dua tahun seiring outlook yang melemah. Tercatat USD turun seperempat persen pada perdagangan tengah pekan, untuk menempatkannya di jalur penurunan bulanan terbesar hampir dua tahun ketika pidato kenegaraan Presiden AS Donald Trump gagal mengangkat dolar AS.

Saat melawan beberapa mata uang utama lainnya, greenback turun 0,25% dan sepanjang Januari merosot hingga 3,5% untuk jadi penurunan bulanan terbesar sejak Maret 2016. Kejatuhan dolar juga bertepatan dengan kondisi pertumbuhan global yang telah meningkat di seluruh dunia, terutama ekonomi zona euro dan Jepang. Anjloknya USD sangat kontras dengan optimisme investor secara umum.

Pada pekan-pekan awal di tahun 2018, Eropa mencatatkan arus masuk modal tertinggi di semua wilayah utama, di atas 2017 yang cukup kuat dengan tambahan lebih dari sepertiga atas keseluruhan arus dana ekuitas global. Berdasarkan data resmi, ekonomi zona euro tumbuh dengan kecepatan tertinggi selama kurang lebih satu dekade sejak 2007, silam.

Di sisi lain Yen Jepang tergelincir ketika Bank of Japan (BoJ) meningkatkan pembelian obligasi pemerintah jangka menengah Jepang (JGBs) sebagai sebuah langkah yang dipandang peringatan untuk kenaikan kenaikan imbal hasil obligasi. Dolar mencapai level tertinggi intraday 109,095 terhadap yen sesaat setelah pengumuman BOJ. USD kemudian sedikit menyusut hingga sesi terakhir diperdagangkan di level 108,68 saat melawan Yen meski terlihat cenderung stabil.

(akr)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dong https://ekbis.sindonews.com/read/1278270/32/rupiah-berakhir-melesat-usd-terkapar-ke-level-terendah-1517392616

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rupiah Berakhir Melesat, USD Terkapar ke Level Terendah"

Post a Comment

Powered by Blogger.