Search

Tanggapan Bos Blibli Soal Tudingan Penyebab Banjirnya Produk Asing

JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto angkat bicara soal pernyataan pemerintah yang menyatakan bahwa marketplace yang beroperasi di Indonesia menjadi salah satu penyebab banjirnya produk impor alias produk asing di Indonesia.

(Baca: Bos Blibli Akui Barang Dagangannya Mayoritas Produk Impor)

Pasalnya, barang-barang impor dapat dengan mudah dijual lewat jalur perdagangan berbasis digital (online). Dia mengatakan, serbuan produk asing sejatinya tidak hanya ada di toko online, namun di toko-toko offline yang ada di Indonesia juga banyak dijual produk impor.

"Kita juga musti cek di offline, masih banyak barang impor di offline. Yang jadi masalah itu, sekarang online itu disorot banyak pihak, bahwa berjualan barang impor atau yang tidak mengikuti regulasi itu mudah di online," katanya dalam acara Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Pihaknya tidak menampik, toko-toko online banyak yang menjual produk impor. Namun, pemerintah seharusnya menyadari bahwa pemerintah lebih dapat mendeteksi barang impor di online ketimbang di toko-toko.

"Kalau di offline kan musti samperin satu-satu tokonya, repot. Kalau dari kami, kami akan dukung seperti yang tadi Pak Menteri sampaikan bahwa kita harus ngikutin aturan," imbuh dia.

Mengenai kesetaraan (level of playing field), tambah Kusumo, seharusnya tidak hanya berlaku untuk toko offline dan toko online yang ada di Indonesia saja. Melainkan, marketplace di luar negeri yang bisa menjual produknya ke berbagai negara, termasuk ke konsumen di Indonesia.

Sebab, mereka dapat dengan mudah menjual barang tanpa harus dikenakan pajak dan kewajiban menyerap tenaga kerja. "Itu juga harus jadi perhatian pemerintah, enaknya gimana untuk level of playing field-nya. Karena, tidak fair kalau yang sudah ada badan usaha di sini, kesannya dari para pemain, kami ini kok dikejar macam-macam. Tapi yang di luaran gimana nih," tutur Kusumo.

(izz)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dong https://ekbis.sindonews.com/read/1278847/34/tanggapan-bos-blibli-soal-tudingan-penyebab-banjirnya-produk-asing-1517557886

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tanggapan Bos Blibli Soal Tudingan Penyebab Banjirnya Produk Asing"

Post a Comment

Powered by Blogger.