Search

Sri Mulyani Siapkan Jurus Baru Tangkis Gempuran USD

loading...

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih terus mengamati dinamika yang terjadi di perekonomian global, serta dampaknya terhadap kondisi perekonomian di dalam negeri, khususnya terhadap pelemahan kurs rupiah.

Dia mengtatakan, pemerintah akan menyiapkan kebijakan baru agar tekanan global tidak semakin memperparah pelemahan rupiah. Nilai tukar mata uang Garuda sendiri saat ini terus mengalami pelemahan. Posisi terakhir, rupiah bergerak di level Rp15.180/USD.

"Jadi menyikapi berkembangnya perekonomian terutama yang terjadi di AS sangat kuat yang kemudian menimbulkan sentimen terhadap USD dan beberapa risiko yang berasal dari negara-negara berkembang dan kita melihat dari sisi perekonomian Indonesia sendiri. Kami bersama BI, OJK dan Menko Perekonomian akan terus memperbaiki dan merespons dari kebijakan yang selama ini sudah ada di monitor dampaknya dan bagaimana kita untuk terus memperkuatnya," katanya di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Contohnya, kata mantan Menko bidang Perekonomian ini, dampak pelemahan nilai tukar terhadap neraca pembayaran nasional. Pemerintah terus memantau kebijakan yang telah diambil sebelumnya, seperti mandatori biodiesel 20% (B20).

"Pemerintah sudah melakukan kebijakan seperti B20, kita sudah melakukan monitoring terhadap impor 1.147. Saya setiap minggu mendapatkan laporan dari Dirjen Bea dan Cukai, berapa perkembangan dari impor barang-barang tersebut dan bagaimana ini implikasinya ke neraca pembayaran terutama CAD (current account deficit)," imbuh dia.

Pemerintah juga akan melakukan formulasi kebijakan, baik dalam bentuk insentif maupun kebijakan untuk meningkatkan ekspor nasional. Sebab, menguatnya ekonomi AS menciptakan kesempatan besar untuk meningkatkan ekspor Indonesia.

"Ini yang saya harapkan dunia usaha bisa merespons, dan kita akan mendukung sepenuhnya daya kompetisi kita. Kita juga akan melihat semua aspek perekonomian kita apakah mereka mampu meng-absorb dan mengelola perubahan dinamika yang terjadi ini, baik itu dari sisi nilai tukar, capital flow dan kemudian dari masing-masing neraca di lembaga keuangan, di korporasi, di pemernitah sendiri," tandasnya.

(fjo)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dong https://ekbis.sindonews.com/read/1343903/33/sri-mulyani-siapkan-jurus-baru-tangkis-gempuran-usd-1538728520

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sri Mulyani Siapkan Jurus Baru Tangkis Gempuran USD"

Post a Comment

Powered by Blogger.