Search

Kucurkan USD2,3 Miliar, Singapura Investor Terbesar di Indonesia

JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi penanaman modal asing (PMA) sepanjang 2017 mencapai Rp430,5 triliun atau 100,3% dari target PMA tahun 2017 yang sebesar Rp429 triliun.

Dari jumlah tersebut, Singapura menjadi negara nomor satu yang paling banyak menanamkan uangnya di Indonesia, yaitu sebesar USD2,3 miliar. Jika dikonversi ke rupiah mencapai Rp30,81 triliun (kurs Rp13.395/USD).

Setelah Singapura, negara kedua yang berinvestasi besar di Indonesia pada 2017 adalah Jepang, USD1 miliar, Hong Kong sebesar USD800 juta, Korea Selatan USD700 juta, dan China USD600 juta.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong mengungkapkan, hingga saat ini Singapura masih menjadi investor nomor satu di Tanah Air. Namun, Singapura dan Hong Kong merupakan negara agregator atau financial hub yang mengumpulkan investasi dari negara lain, kemudian di sebar ke negara lainnya, salah satunya Indonesia. Bahkan, investor di Singapura juga berasal dari Indonesia.

"Kita tahu Singapura dan Hong Kong, dua-duanya merupakan agregator, financial hub atau mengumpulkan investasi dari tempat lain dan mengirimkannya ke Indonesia. Makanya Singapura banyak uang WNI kita sendiri. Uang kita yang kita parkir di Singapura dan balik lagi ke Indonesia jadi PMA," katanya di Gedung BKPM, Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Dia tidak memungkiri bahwa hal tersebut investasi yang sah. Namun, yang harus dipahami adalah sebaiknya Indonesia tidak hanya melihat sebatas dari lahan pertama saja, dan harus ditelusuri siapa investor dibalik invesatasi Singapura di Indonesia.

"Dalam tahun berikutnya yang harus kita perbaiki dan telusuri ialah siapa di belakang Singapura dan Hong Kong," tandasnya.

(ven)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi dong https://ekbis.sindonews.com/read/1277989/33/kucurkan-usd23-miliar-singapura-investor-terbesar-di-indonesia-1517310064

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kucurkan USD2,3 Miliar, Singapura Investor Terbesar di Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.